Selasa, 09 April 2013

PAGELARAN TARI KLASIK, BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN.


Taman Budaya Banjamasin Kalimantan selatan Mengadakan Pagelaran Tari klasik garapan oleh Sanggar Nuansa Kembar Kemanikan dan Kelompok Seni Anum Banua Etnika Banjarmasin,
Diantara nya Tari Dara Manginang, Tari Igal Prajurit.
Tari Dara Manginang

            Tari Dara Manginang merupakan salah satu tari yang digarap oleh seniman muda banjar, tari ini dikembangkan dan disebarluaskan di sanggar tari Perpekindo dan oleh seorang tokoh seniman yang bernama Anang Bahrudin.

Tari Dara Manginang merupakan sebuah tarian bergenre semi-klasik Banjar. Menceritakan tentang para remaja putri yang siap memasuki naik bujang atau jelang dewasa dalam pergaulan ibu-ibu. Diwajibkan bagi mereka untuk bisa manginang (makan sirih) sebagaimana yang dilakukan para ibu dewasa.





Tari Igal Prajurit

            Tari Igal Prajurit Juga merupakan salah satu tari yang digarap oleh seniman muda (STKIP PGRI Banjarmasin) tarian bergenre klasik, Tarian Garapan Baru dengan memperbaharui Ragam Gerak tari klasik pendahulunya seperti wayang gong, kuda gipang, baksa, dll,

Tari Igal Prajurit Sebuah Tari garapan Baru, Tari yang menceritakan Prajurit yang gagah berani bijaksana dan siap sedia dalam keadaan apapun.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger

Flag Counter

Twitter

Ping your blog, website, or RSS feed for Free