Selasa, 30 April 2013

Musik Tradisional Kalimantan Selatan

            Musik tradisi Kalimantan selatan memiliki bentuk dan ciri tersendiri. Memilik  bentuknya musik di Kalimantan Selatan dari vocal, instrumental dan ragam musiknya serta kedaerahannya. Menurut haji anang Ardiansyah, seorang pencipta lagu daerah banjar, penyanyi dan pengamat misik daerah Kalimantan selatan  menyatakan bahwa musik daerah Kalimantan selatan termasuk rumpun melayu, namun berbeda dengan Melayu Sumatra. Hal ini dapat dipahami, karena orang banjar adalah asimilasi Melayu dengan suku bukut ( dayak ) dan ada pengaruh jawa – sunda.
Pada musik tradisi Kalimantan Selatan kami membagi dua musik taradisi yaitu :


KOLEKTIF MUSIK
1.      Musik Gamelang Banjar
Musik gamelang banjar  ini sebagai musik pengiring teri klasik Banjar yang terdiri dari Babun (Gendang), Sarun satu, Sarun dua, Dawu, Kenung, Gua satu, Gunung dua dan Kangsi. Selain mengiring tari klasik Banjar, berfungsi pulang mengiringi pergelaran Wayang Kulit Banjar, Wayang Gung, Kuda Gipang Cerita,  Teater Tantayungan dan Basisingaan. Ada kurang lebih 40 lagu gemelang Banjar dapat dimainkan. Misalnya lagu Paparangan, Lagu Ayakan, lagu Katawang, Wani – Wani dan lain sebagainya.

2.      Musik Pating
Musik Panting berasal dari bahasa banjar yaitu Mamanting atau memetik. Dahulu Musik Panting ini digunakan untuk mengiringai teater tutur seperti, Baandi – andi atau bercerita, yang dimainkan secara tunggal oleh orang yang bercerita tersebut.
Dalam perkembangan musuk panting ini dapat pula mengiringi tari-tarian, seperti tari japing dan teri rakyat lainnya, akhirnya musik panting ini menjadi Orkes rakyat yang dapat dimainkan secara intrumentalia maupun mengiringi lagu-lagu Kalimantan Selatan, dan dimasa kini panting digunakan untuk acara perkawinan, hari-hari besar dan menyambut tamu.

3.      Musik Hilai/Kungkurung
 Musik ini terdiri 7 batang bambu yang dibuat sedemikian rupa tinggi menjulang dan dibawah dasar bambu dibuat alat agar berbunyi. Cara memainkan dihentakkan ketanah atau alas keras agar menimbulkan bunyi dan dimankan oleh 7 orang pemusik.


4.      Musik Kintung
 Musik kintung terbuat dari 5 bambu (Bahasa Banjar Paring, Buluh, Bumbung) yang dipotong pendek dan dibelah setengah yang Menghasilkan/mengeluarkan 5 nada dasar.





5.      Musik Bumbung (bambu)
Musik bumbung berawal dari “Bumbung lamang” (Beras ketan yang dibakar dalam bumbu) yang dimodifikasi diatonik, terdiri dari 7 nada dasar. Populasinya berada di Desa Berikin Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

6.      Musik Suling Bambu
Musik Suling dimainkan dengan secara improviasi, terdiri dari piston 2 buah dan pengiring 9 buah suling dan ditambah gendang, tabur, tok-tok dan pengiring lainya. Musik ini berkembang didesa Batu Mandi Kabupaten Balalang
.
7.      Musik Bamban
Musik Bamban disebut karena musik ini lahir didesa Bamban, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kandangan. Sesungguhnya musik ini disebut music Tabur Garancai yaitu musik tiup (Diatonic) yang serupa dengan musik Tanjidor (Batawi) berfungsi untuk mengarak pengantin, dan hiburan.

8.      Musik Masuk Kirri
Musik ini berasal dari Suku Bugis Mandar yang mendiami pesisir pantai Pagatan, sekarang Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Musik ini hanya berkembang di daerah pasisir pantai Pagatan yang didiami entik Bugis Mandar saja. Perangkat musik terdiri dari ;        Kecapi Bugis mandar 3 buah, Rabab/Biola, Terbang bugis mandar 2 buah, Gambus, Suling, dan Giring-giring.
 
MUSIK TUNGGAL
Selain musik koleftif di Kalimantan masih ada yang terpisah yaitu musik Tunggal yaitu :
1.      Musik Kuridin
Musik Kuridin adalah alat musik yang terbuat dari Bambu. Nama Kuridin diberikan oleh Penduduk Hulu Sungai Tengah dan Desa Harakit Kabupaten Tapin. Lain lagi dengan penduduk Kelurahan ulu Banteng Kecamatan Bakupai Kabupaten Barito Kuala menyebutkan Guriding.
Alat music Kuriding atau Guriding ini adalah alat musik Mulut, ahan dari Bambu, alatnya ditempatkan pada mulut dengan cara seperti aturannya, untuk menyembunyikan Kuriding harus menarik tali tatarikan yang dipegang dengan tangan kanan dan serta ada sentakan, sehingga mengertakkan alat agar Kuriding tersebut.



2.      Musik Kalangkupak/Salung Bambu
Musik ini terbuat dari bambu kecil tipis yang separohnya dipangkas memanjang agak meruncing disebut “Paring Tamiang”bentuknya seperti Angklung.
Bambu atau paring ini terdiri dari 5 potongan dan setiap potongan panjangnya berbeda-beda. Potongan-potongan bambu itu dirakit dengan tali rotan, sehingga merupakan satu rangkai tangga nada yang siap dimainkan. Kalangkupak disebut juga Salung Bambu merupakan alat musik suku bukit atau suku Dayak Kalimantantan Selatan.

3.      Musik Sarunai
Musik ini tergolong aerofon atau alat musik tiup, perkataan Sarunai atau Sarunai, yang diambil dari kata Surnai bahasa Persia. Surna dari bahasa Arab dan Sahnai dari bahasa india. Musik ini terbuat dari Bambu atau kayu seperti suling terompet namun pendek, terdiri dari 4 bagian yaitu mulut, sekar bibir, badan (batang) dan corong satu sama lainya bisa dilepas dan dipasang kembali. Serunai berfungsi sebagai alat musik pertunjukan pancak silat. Disuku Bukit/Dayak berpungsi sebagai pengiring musik upacara adat.  

    

6 komentar:

  1. sama sama gan,,, alhamdulillah terimakasih telah mampir ke blog saya..

    BalasHapus
  2. Sayang beraneka macam ragam budaya mengenai alat musik tidak pernah diperkenalkan di media televisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah yang di sayang kan,,, untuk masalah negara kita,,, untuk yang beraroma Tradisional,, tidak terlalu di ekspos,, Mungkin Yang berhubungan Tentang Tradisional,, dianggap tidak memberikan ke untungan bagi PerTelevisian,,, Padahal kekayaan Kebudayan indonesia sangat beragam,, Tapi insya allah Masih Banyak Pecinta budaya di Indonesia..

      Hapus
    2. Iya tuh bener banget.. Tapi kalo ada artis kena masalah malah ditayangin banget... semoga aja indonesia bisa cepet sehat lagi.. amin..

      Hapus
  3. Kebetulan nyari klasifikasi musik tradisional kalsel, isinya lengkap dan jelas. Keren ternyata bp guru sendiri yg buat blog ini, proud of you sir

    BalasHapus

 

Blogger

Flag Counter

Twitter

Ping your blog, website, or RSS feed for Free